MENU

Promo

6 Band Metal Ini Memiliki Vokalis Bersuara Aneh


Memiliki vokalis bersuara khas memang sangat membanggakan bagi sebuah band metal. Akan tetapi bagi sebagian pendengar musik awam, vokalis yang terlalu berkarakter justru malah menimbulkan kesan yang aneh bagi band beraliran metal.

Beberapa band metal ternama sempat sukses menarik minat para pendengar awam hingga menjadi fans maupun metalhead melalui karakteristik vokalis mereka. Akan tetapi, hal tersebut juga tergantung dari lagu yang mereka sajikan.

Bagi pecinta musik metal, pastinya sudah hapal siapa saja nama vokalis yang memiliki keunikan suara hingga bisa dianggap aneh oleh orang awam. Bahkan, ada juga pendengar non-metal yang malah tidak menyukai karakter beberapa vokalis.

Siapa saja band-band yang dianggap memiliki suara unik nan aneh itu? Berikut deretannya.

1. Guns N' Roses

Vokalis Guns N' Roses, yaitu Axl Rose dianggap memiliki jangkauan suara yang tinggi dan punya ciri khasnya sendiri. Grup yang alirannya termasuk ke dalam kategori hard rock dan heavy metal ini, telah menelurkan berbagai macam lagu luar biasa hingga dianggap sebagai band paling berbahaya di dunia.

Suara khas Axl Rose sendiri dianggap sangat memukau banyak penggemarnya di akhir 1980an hingga awal 1990an. Akan tetapi, banyak pendengar yang menganggap gaya vokal Axl sangat aneh.

Bahkan, beberapa pendengar sempat menyatakan jika Guns N' Roses tidak diiringi sayatan gitar Slash, maka suara Axl masuk ke dalam kategori menyebalkan. Terlebih lagi, suara nyaringnya itu terlalu dibuat menghentak.

Meskipun begitu, para penikmat musik hard rock dan metal harus mengakui bahwa di eranya, tidak ada vokalis lain yang memiliki karakter seunik Axl Rose.

2. Pantera

Band metal yang dibentuk sejak 1981 ini, memiliki vokalis bernama Phil Anselmo. Sebenarnya tak ada yang salah bagi para pendengar setia metalhead dengan suara Phil.

Akan tetapi, vokal khas Phil saat bernyanyi dianggap tidak bisa membuat para pendengar non-metal tertarik untuk menjadi metalhead. Suaranya yang terlalu nyaring dan dibuat serak dianggap beberapa kalangan kurang nyaman didengar.

Namun, aransemen musik yang dibawakan oleh Pantera selalu membuat para penikmat metal mengangguk-anggukkan kepala ketika mendengarkan lagu-lagunya.

3. Limp Bizkit

Bagi yang tumbuh di era 2000an pasti mengenal band satu ini. Sang vokalis Fred Durst memiliki gaya bernyanyi ala rapper yang sangat unik. Bagi beberapa orang termasuk penggemarnya sendiri, suaranya itu masuk ke dalam kategori aneh.

Di awal karier Limp Bizkit saat pertama kali merilis lagu-lagunya, banyak pendengar awam yang mengira Fred adalah penyanyi rap yang memiliki kulit berwarna hitam.

Meskipun banyak pendengar awam yang kurang nyaman dengan karakter unik Fred Durst saat bernyanyi, namun harus diakui jika keunikannya bersama rekan-rekannya itulah yang sukses membawa Limp Bizkit sebagai salah satu band rap metal terbaik.

4. Disturbed

Terbentuk sejak 1994, band ini memang sukses menciptakan banyak lagu dengan aransemen yang berkualitas. Gaya vokal aneh David Draiman menjadi salah satu ciri khas band ini.

Sayangnya, beberapa pendengar musik menganggap vokal David Draiman terlalu dipaksakan di dalam band dan dianggap selalu terdengar seperti orang yang sedang marah.

Namun begitu, banyak penggemar berat yang merasa perpaduan unik sang vokalis dengan personel lainnya bisa menghapus rasa marah dan sedih yang sedang melanda mereka.

5. Seether

Vokalis band ini, Shaun Morgan selalu tampil dengan rambut panjang dan kumis yang lebat. Suara anehnya terkadang memang mengingatkan kita dengan mendiang vokalis Nirvana, Kurt Cobain.

Akan tetapi, vokal Shaun Morgan dianggap terlalu tipikal mengikuti gaya Kurt Cobain. Ia juga dianggap terlalu memaksakan saat memadukan gaya mendiang sang vokalis Nirvana itu dengan gaya vokalis Silverchair, Daniel Johns.

Walaupun begitu, bagi para penggemar musik metal dan grunge pastinya akan bisa menikmati setiap karya band metal alternatif asal Afrika Selatan itu.

6. Godsmack

Sebagai band yang unsur metalnya cukup kental, komposisi musik Godsmack memang cukup bisa dinikmati para metalhead. Gaya khas dan aneh Sully Erna memang menjadi salah satu andalan band ini.

Akan tetapi, banyak juga yang menganggap gayanya sangat mirip mendiang vokalis Alice in Chains, Layne Staley. Namun begitu, ia malah dianggap tidak lebih baik dari sang mendiang.

Terlebih lagi Sully kadang terdengar seperti sedang kehabisan nafas di beberapa lagu dan sesekali mengikuti gaya bernyanyi vokalis Metallica, James Hetfield.

Meskipun begitu, masih banyak lagu-lagu Godsmack yang mampu membuat para penggemar musik metal modern bersemangat saat mendengarnya.


0 comments:

Post a Comment

afa music studio's twitter